Menulis Indonesia dan Inggris

7 November 2014 at 05:53 | Posted in Ceritaku | Leave a comment

Saya lama bergelut di bidang menulis, walaupun saya bukan penulis setidaknya suka menulis. Karena kesukaan itu saya pernah suatu waktu ingin mengembangkan kepenulisan saya. Mulai dari membaca buku kepenulisan, ikut seminar dan sebagai nya, namun inti nya cuman satu. Berlatih menulis kalo ingin berkembang.

Organisasi yang saya geluti saat di bangku sma maupun kuliah saya tempatkan diri di bidang yang keluar seperti humas atau pun media informasi karena menulis punya ciri khas. Ia tak lekang oleh waktu. Tsah.

Dua paragraf di atas cuman intro saja. Yang saya ingin cerita di sini ialah soal menulis dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris. Hal ini terkait dengan apa yang saat ini sedang saya kerjakan dan persiapkan.

Alhamdulillah dalam kepenulisan di bahasa indonesia saya sudah mendapat kan banyak teknik maupun kosa kata yang cukup. Tindak praktis praktis dan praktis. Nah, sayang nya yang namanya pisau kalo ga di asah jadi tumpul. Seperti itu juga teknik menulis bahasa indonesia klo ga dilatih juga. Tumpul.

Tapi menulis bahasa Indonesia masih mending di banding teknik menulis ba inggris sya. Saya masih belum bisa menemukan performa terbaik saya dalam menulis bahasa inggris. Maksud saya begini, kalo nulis 1 paragraf di bahasa indonesia maka sya bsa mengerti kalimat kalimat pendukung dan penambahnya. Bagaimana mengarahkan poin penting suatu paragraf dan menjadikannya sebuah tulisan yang menarik, setidaknya menurut saya sendiri. Tapi kalo menulis dalam inggris, hal tersebut diatas yg belum saya dapatkan. Jujur, itu sulit sekali. Tpi tetap saja yang sperti sya bilang ke teman-teman, tidak ada yang sulit yang ada sulit pithik.

Kesulitan ini bisa terurai karena kosakata yang lemah, perbendaharaan struktur kalimat dan kata yang masih kurang juga alur berpikir yang belum terarah. Kau tahu, semua ini hanya bisa di obati dengan banyak membaca, ya baca. Yang pasti bacaan yang berbahasa Inggris, bisa koran buku majalah baik itu digital ataupun cetak.

Salah satu yang sya baca juga blog blog teman yang ada bahasa inggris nya. Dan sya terpesona dengan untaian kalimat kalimat yg mereka tulis. How could it be so good. Last but not least, Memang manisnya suatu kebaikan ada kalo sudah bersusah susah dulu, dan menuntut ilmu perlu bersusah susah dulu. Artinya, sya belum cukup atau tepatnya belum merasakan lelah untuk bisa sperti yang mereka tulis.

Lalu, pertanyaan mendasar, kenapa kmu ingin menulis bahasa inggris? Yap, karena sya sedang mempersiapkan tes kompetensi berbahasa inggris ielts utk step step sya melanjutkan studi di luar negeri. I wish nothing but wish to luck for me.

See u.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

