TRIP: Facing Merbabu!

3 May 2013 at 08:59 | Posted in Ceritaku | Leave a comment
Tags: , , ,

Bismillah

Udah lebih dari 6 bulan sejak pendakian terakhir saya ke gunung sindoro dan sumbing, dan akhirnya awal weekend kemaren (28/4) saya berkesempatan mendaki gunung merbabu. Seperti biasa, saya ini cuman newbie untuk masalah pendakian jadinya saya cuman ngikut dan nyiapin fisik aja. Yap, saya kemaren ndaki dengan seorang yang ahli dan sisanya yang berjumlah 4 orang termasuk saya cuman jadi bebek, ngikut. Cari pengalaman lah.

Awal sekali ditawari ingin naik gunung mana, langsung saya jawab merbabu. Tidak hanya karena sindoro sumbing udah pernah, merapi menurut sya treknya cukup menakutkan sehingga dipilih merbabu yang yaa lumayan lah buat newbie terlebih lagi ga ada kawahnya selain juga bawa 3 ekor kyuubi lain (newbie kalii).

Oke, tepatny 1,5 bulan kita sudah rencanakan dan saatnya untuk persiapan fisik. Kami berlima sudah mulai persiapan fisik. Perjanjian kita, jogging min seminggu sekali dengan min 4 kali muterin GSP UGM. Well, minggu pertama cuman dapet 3 kali putaran, gappalah, tapi diganti dengan jalan ato apalah yang olahraga setiap paginya.

Dan akhirnya hari H tiba, persiapan dasar paling utama yakni penerangan, makan, dan penghangat sudah siap dan tambahan2 lain, fix. Minggu pagi kita facing merbabu!

Sampe sana jam 10an, ternyata pada banyak yang udah turun, hiks. Dan setelah kita makan siang kemudian berangkat pukul 1.15 sudah tak ada orang yang lagi naik. Dan bisa ditebak, entar sampe diatas kita adalah segerombolan orang penghuni puncak merbabu, yaaa paling tidak untuk lebih dari 12 jam kedepan.

perjalanan puncak merbabu

salahsatu view perjalanan puncak merbabu

Ok, pendakian sesungguhnya dimulai, “latiahan fisik beberapa minggu kemaren akan diuji disini” kata salah seorang bebek (sebutan lain newbie, #apasih). Dan alhamdulillah, selama 5,5 jam akhirnya kita sampai di sabana 1 (amal beeuds), setelah melewati pos 1, pos 2, pos 3. Leader kami memerintahkan untuk kita bermalam disini karena tidak mungkin melanjutkan perjalanan ke sabana 2 seperti rencana awal kita untuk nge-camp disana, saat itu sekitar pukul 7 malam. Ini karena salahsatu bebek mengalami kram tiba2 dan berulang ulang selama mendaki dari pos 3 ke sabana 1. Ok.

Sabana 1 kita cari tempat yang bisa dipake 2 tenda, dan tenda pun siap didirikan, langsung tancap gas untuk masak dan persiapan lainnya. Bebek yang mengalami kram ini terus diawasi perkembangannya, dan alhamdulillah bawa salep, sudah baikan.

Rencana awal, pukul 3-an pagi kita akan summit attack ke puncak, tapi karena pada capek dan nguantuks beudz alhasil baru pagi jam 5an setlah shalat subuh kita muncak. Padahal rencana awal ialah lihat permadani awan dan kuncup kuncup bunga puncak gunung di jawa tengah dan diy. Alhasil ga dapet. Hiks.

DSCN0771

Gambar merapi dari tebing hampir puncak merbabu

Perjalanan muncak dari sabana 1 membutuhkan waktu 3 jam saat kami mendaki. Hingga akhirnya sampe puncak, terlepas sudah semua harapan dan keinginan mencapi titik penaklukan gunung merbabu. ”hah, aku sampe puncak, ini puncak??!” kata seoranga bebek dengan terheran dan kagum dan campur aduk pake es teler es campur (guwe tau ini lebay).

Ok, udah nyampe di camp, makan, istirahat sebentar, solat, packing. Tapi ada hal ganjil saat packing, hape leader kami raib, ya raib! Aneh beudz. Padahal dia masih inget sekali letak terakhir dia taruh, dan seperti kita tau tidak ada orang lain lagi yang dipuncak sejak semalam. Lalu siapa yang mengambil?? Hingga sampe saat ini berita diturunkan, ini masih menjadi misteri. Dan patut diketahui, 3 minggu sebelumnya leader kami mendaki merapi dan hape nya pun juga hilang. Wow! Dari ceritanya saat di merapi, ia ingat betul hapenya harus disimpan jadi satu dengan hape teman lainnya karena waktu itu ada suatu hal (ribet ngejelasinnya). Tapi saat dikeluarkan kumpulan hape tadi, hape leader kami raib sedangkan hape lainnya masih. Hmm.. perkara gaib yang tau hanya Allah ta’ala. Subhanallah.

Dan last, kita sampe juga turun dibawah dengan perjalanan kurang lebih 3,5 jam. Yap, lumayan bagi newbie seperti kami ini, hehe… -Nsh-

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: