“ah, kui bejan og Shril”

6 September 2012 at 14:20 | Posted in Ceritaku | Leave a comment
Tags: , , ,

Assalaamu’alaikum,

Sya pernah punya seorang teman yang hingga saat ini saya masih kagum dengannya. Ia teman SMA dan terpintar se seluruh kelas IPA, selalu menduduki peringkat pertama. Tak terkecuali UAN karena kalo hasil penelitian singkat saya, banyak dari sekolah yang siswa ‘bodoh’ jadi ‘pintar’ di hasil akhir UANnya.

Ia seorang yang sederhana, rajin, tekun, dan qonaah. Suatu kali, setelah menerima hasil ulangan, seperti biasa ia jadi yang terbaik dan saya selalu punya niat untuk bisa mengalahkannya walopun selalu itu juga tidak berhasil, saya bertanya pada dia. “kok kamu bisa dapet bagus sih” tanyaku. “ah kui bejan og Shril (Ah, itu beruntung saja ko Shril)” jawabnya. “ah ya ga gtu dong..itu kan hasil jerih payahmu” sanggahku. Dan dia hanya berlalu tersenyum.

Dalam hatiku tak enak atas jawabannya, gimna engga. Itu kan hasil usaha jerih payah belajar usahanya dia. Masak dia bilang “bejan” (beruntung). “aneh-aneh saja” selorohku.

Kemudian hari, saya bertanya lagi tentang hal ini, dan jawabannya pun tetap sama. Hmmm….

Hingga pada suatu kali, setelah saya lulus SMA (lama sekali jaraknya). Saya mendapat jawaban pasti akan seloroh saya selama ini mengenai itu. Ternyata Allah telah memberikannya selama ini, ya… “Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman” Q.S Al Mu’minun 1. Qodaflahal mu’minuun.

Ya.. orang yang mendekatkan diri kepadaNya, selalu saja ada jalan untuk membuat dirinya tenang. Baik itu hal yang menyakitkannya sedih atau yang membuatnya senang. Seperti Hadis Rasulullah. Orang yang beriman itu sungguh menyenangkan. Jika nikmat ia bersyukur, mendapat pahala. Dan jika kesedihan melanda ia bersyukur, itupun pahala untuknya.

Saat teman saya mengatakan “ah, kui bejan og Shril” itu sejatinya ia sedang bersyukur kepada nikmatNya. Bukan malah menyombongkan diri, karena terkadang saat ditanya seperti itu, setan selalu membisikkan dari arah mana saja untuk membuatny laknat karena kesombongan.

Ah teman saya itu, selalu bikin speechless. Jadi, kalo Anda punya teman yang saat ditanya mengenai suatu hal dan ia menjawab seperti itu. Maka ia telah sadar, bahwa semua pemberian yang ia dapatkan ialah dari Allah Ta’ala. Maka nikmatKu yang mana lagi yang akan kau dustakan?!

(Nsh)

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

