Lestari Air (part 1)

11 May 2012 at 07:58 | Posted in Ceritaku, Info | 1 Comment
Tags: , , , ,

Saya ingin berbicara tentang air.

Air menjadi bagian tak terpisahkan dari dunia dan seisinya, bahkan mungkin semesta. Air jadi komponen penting penunjang, penumbuh, perantara, pengisi, penyuplai apapun itu pada kehidupan. Cek saja. Tubuhmu terdiri lebihd ari 50% dari cairan, begitupun otakmu. Bahkan kalo kekurangan sedikit saja bisa berefek signifikan. Belum lagi kegiatan mencuci, memasak, mandi dsb. Begitu krusialnya kegunaan air kan. Dan jelas, Allah telah menyebutkannya terlebih dahulu dari kesemuanya. Baca hayati dan dengarkanlah ayat soal air hujan ini.

“Dialah Allah Yang mengirimkan angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya di langit menurut yang dikehendakiNya, dan menjadikannya bergumpal-gumpal; lalu kamu lihat air hujan keluar dari celah-celahnya; maka, apabila hujan itu turun mengenai hamba-hambaNya yang dikehendakiNya, tiba-tiba mereka menjadi gembira” (Ar-Rum [30]:48)

Air, diumpamakan sebagai penyubur, pelopor, pengubah. Hmm….subhanallah.

Lalu, kita mau bahas apa ni? Ya sebenernya mau bahas soal kelestarian air itu sendiri. Mengapa kelestarian air? Karena saking pentingnya keberadaan air itu.

Kalo kita lihat akhir akhir ini, di media massa atau tivi, banyak daerah-daerah kekurangan air klo musim kemarau datang, air bersihnya berasa, berbau dan ato bewarna. Ini menandakan kelestarian air yang mulai berkurang. Lalu apa saja yang bisa kita lakukan untuk melestarikan air? Sebelum kita beranjak kesitu, saya ingin berbagi soal kondisi sebenarnya dari air yang mungkin beberapa dari pembaca belum tahu soal ini, dan kalopun sudah tau semoga beranjak untuk bersama-sama yuk kita lestarikan air ini.

Sebenarnya, kondisi air tawar (fresh water) di dunia ini hanya sekitar kurang dari 1%. Dimana air tawar tersebut digunakan lebih dari 4 Milyar penduduk dimuka bumi. Padahal, dari 1% itu, kurang dari 50% timbul dipermukaan. Lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Image

 

Gambar keadaan fresh water di bumi

Sedikit bukan. Oleh karena itu, cara bijak untuk melestarikan antara lain tentu dengan menghemat penggunaannya dan membuat ‘lingkungan sekitar’ di air tersebut tetap dapat digunakan air untuk bisa lestari. Hal ini seperti menanam pohon dibantaran sungai dan malah bukan menggundulinya bahkan menjadikan tempat tinggal (rumah). Sebisa mungkin gunakan air secukupnya dan seperlunya. Selain itu, gunakan peralatan yang mampu menghemat penggunaan air dibandingkan menggunakan alat sebelumnya. Sebagai contoh penggunaan shower dari pada gayung. Toilet atau closet dengan satu tombol untuk pembuangan. Ini sangat menghemat penggunaan air. Dan penggunaan sistem terintegrasi penyediaan air bersih di setiap rumah.

Wait for Next Part (:

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. […] tentang lestari air bag 1 membahas mengenai pentingnya menjaga kelestarian air untuk masa depan serta sedikit mengenai apa […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: