salam magelang

8 November 2010 at 00:10 | Posted in Ceritaku, Info | Leave a comment

Bismillah

Sabtu, 6 November 2010.

Berjarak lebih dari 20 km tidak menyurutkan KMTers (Keluarga Muslim Teknik) untuk membantu daerah pengungsian di Salam, Magelang. Bahan-bahan mentah dikirim dengan menggunakan mobil, sisanya dengan motor. Jalan yang rusak ditambah jarak pandang yang hanya 20 m akibat hujan abu vulkanik menyebabkan perjalanan hanya dapat ditempuh dengan kecepatan 50 km/jam.

Sesampainya disana, hari sudah mulai gelap. Listrik pun padam sejak Jumat (5/11) lalu. Satu generator yang ada pun hanya mencukupi kebutuhan penerangan untuk barak dan gudang barang-barang yang jaraknya berdekatan. Desa Tersan Gede, Kecamatan Salam, belum terjamah lembaga bantuan seperti PMI, BSMI, dsb. Hanya relawan KMT, itupun membantu dengan seadanya.

Desa tersan gede yang memiliki 12 Dusun termasuk daerah yang belum terjamah. Para pengungsi pun juga menjadi relawan bagi pengungsi-pengungsi lainnya. Mereka saling bekerjasama bahu membahu. Barak-barak pengungsi kebanyakan ada di sekolah-sekolah, tapi tak jarang pula yang diungsikan di rumah warga-warga sekitar. Sebagian besar pengungsi adalah para lansia, ibu-ibu dan anak-anak. Orang-orang desa memang memiliki tepa slira yang tinggi.

KMT mengirimkan bantuan berupa bahan sembako seperti lombok, bawang merah dan putih, gula, beras, telur, dsb. Sesampai disana, relawan KMT bergegas bekerja. Setelah berkoordinasi dengan penduduk setempat para relawan dengan menggunakan pacul hasil pinjaman membuat tempat sampah.

Malam hari, para relawan juga masyarakat sekitar bergantian menjaga keamanan dan bersiap siaga dengan keadaan. Atas koordinasi pemerintah setempat, relawan bertugas melihat kondisi pengungsi di beberapa dusun lainnya. Dengan menggunakan mobil bak, relawan menyusuri dinginnya malam untuk melihat kondisi pengungsi lainnya. Pohon-pohon banyak yang bertumbangan, kawasan yang dulunya indah kini rusak oleh abu juga pohon yang rusak. Gerimis hujan menemani dinginnya malam itu.

Laporan dari Desa Tersan Gede, Kecamatan Salam, Magelang. Relawan mengucapkan Salam Merapi!


* jangan pernah lelah untuk membantu, semoga ini menjadi penghapus dosa-dosa kita.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: