Sedikit Tips biar ga Ngantuk

22 April 2010 at 11:48 | Posted in Ceritaku | 10 Comments

Bismillahirrahmaanirrahiim

Pas bangun tidur, ato pas kebanyakan makan, atau ga ada kegiatan. Yang namanya ngantuk pasti ga akan lama bakal timbul. Misale pas kebanyakan makan, udah selesai makan selang beberapa menit rasa mulai lemes, ngantuk deh..padahal tugas-tugas menumpuk, terus godaan pun dating “udah tidur aje dulu..ntar bangun malem, belajar malem-malem kan lebih enak, lebih fresh”. Tidak lama kemudian, otak kita bekerja, yaudahlah tidur dulu aje…. Tapi kenyataannya, jam 5am ato jam 4am baru bangun padahal jam sgitu waktu utk beribadah, yaudah deh…ga jadi belajar, nyesel “kenapa tadi malem aku tidur duluan…argh..”. itu mungkin sebagian cerita anak mahasiswa yang kebablasan tak terkecuali penulis.

Disini, ak ingin ngasih tips-tips buat para pembaca, khusunya mahasiswa kali ya…biar ga gampang ngantuk ato apa aja yang harus dilakuin biar ngantuk itu ilang soale masih banyak tugas ato kegiatna lain yang enting yang  masih menumpuk.

  1. Saat ngantuk mulai kerasa, tampar pipi kanan, ga usah terlalu keras, keras juga gpp denk. Tunggu beberapa menit, masih melek kah ato masih ngantuk juga. Klo masih kerasa ngantuk juga, tampar lagi, terserah mo pipi kanan ato kiri. Lalukan sampe tiga kali, klo emang sampe ketiga masih aja ngantuk berarti—kata ibuku—itu emang udah waktunya tidur, kecapean.
  2. Minum kopi, ini pengalaman baru bagi ku karena beberapa hari ini setelah aku minum kopi ak jadi bisa melek ampe malem, tidurpun baru sekitar jam 1 an, yang jelas 12 keatas. Kerasanya klo emang diniatin belajar bakalan asyik deh..ga ngantukan. Ada tips bagi yang ingin minum kopi sebagai penghalang ngantuk. 1) siapin kopi segelas 2)minum kopi sedikit demi sedikit 3)jika kerasa ngantuk minum sedikit, lanjutkan 4)jika masih ngantuk minum lagi. Efek dari minum kopi ga bisa langsung dhek sak nyet. Mungkin setelah beberape menit caffeine lagi bisa bekerja.
  3. Konsentrasi dan fokus, misale setelah bangun tidur ato pas ngantuk, langsung konsentrasi dan fokus. konsentrasi dan fokuskan pikiran pada hal-hal yang penting akan dilakukan ato menyusun kegiatan untuk aktivitas hari itu. Insyaallah ini mengurangi ngantuk deh.
  4. Inget sama yang dirumah, orangtua, atau saudara yang telah berkorban untuk kita, yang rela bekrja  utnuk menyekolahkan kita, ingat saat senyum ibu bapak kita, becanda saat bersama, kenangan dan imajinasi indah. Mungkin butuh beberpa menit untuk itu, asal jangan sampe kelamaan, bikin sebagai sebuah motivasi. Ngantuk pun insyaAllah ilang.

Segitu aja ceritaku untuk kali ini. Bagi pembaca yang ada cara lain untuk menahan rasa kantuk bisa ditambahin dengan meninggalkan komen2. Bakal dibales deh…hehe…Woke!

Kesejukan pagi menghantarkan ku pada nikmat yang telah lama hilang. Alhamdulillah..

Wassalaamu’alaikum warahmatullah wabarakaatu

10 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Kayaknya yang ke-4 lebih rasional hehehe

  2. hehe….aku juga ketawa sendiri mbak bacanya,.kayakny geje banget gtu,.
    tapi yo wis ben lah.,.nyalurin+latihan menulis

    trimakasih knjungannya mbak..

    baarakillahufiik

  3. hehehehe…
    kopi itu gak ngaruh buat aku. mau minum kopi berapa gelas juga pasti tetep ngantuk. (dasar kebo)
    kata temen ku, kandungan kafein di teh lebih banyak daripada di kopi lho…

    • oo.,gtu yah,.,wah butuh referensi neh…tanya mbah google..

      emangnya iudah pernah nyoba ya mbak??minum brapa gelas?
      emang sih.,otak juga btuh istirahat,.walopun dksih kopi tapi otak ga bisa mikir krena kecapean juga ndak ado gunanyo,.mendingan tidur,.

  4. tohop mahas.. haturaken sembah nuhun nyak..
    ya tu kyana yang no 4 lebih ngefek..

  5. naha abdimah mgamtuk tie bangun tdr nepi ka bade tdr tpi sayana tips teu ngefek eung tmapar pipi mah ngefek tpi teu lami ngantuk deui geuning,,,?

    • haha.,urang ge teu ngarti,…..eta mah pangalaman abdi aje.,,terserah hayang maneh gunakeun ato teu,….

      ^^

  6. PODO WAE AKU SIH NGANTUK MAH NYIKSO PIPI AHH

  7. ya seng jelas cuci muka pakai air dingin paleng joss


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: